Monday, February 2, 2009

Donat

Serunya Donat Kentang NCC...
Kupu-kupu ini disusun dari donat kentang yang aku buat. kenapa jadi kupu-kupu..???
Awalnya bikin donat kentang yang kondang di NCC. saking bersukarianya liat donat menul2 dan tembem waktu digoreng, donatnya jadi gosong.... hiks... meski api udah dimatikan karna minyaknya kepanasan tetep jadi gosong deh.... [meskipun gak item item amat].
jadilah ide kupu2 ini. donat dibalur coklat dulu sebelum dihias.
masalah rasa hmmmm empyukkk.... resepnyaa.....

DONAT KENTANG
Resep : Fatmah Bahalwan

Bahan;
500 gr tepung terigu protein tinggi (cakra)
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan
100 gr gula pasir
75 gr mentega
1/2 sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin

Cara membuat;
- dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata. masukkan kentang halus dan kuning telur, uleni rata, masukkan air es sedikit demi sedikit sampai setengah kalis
- beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. istirahatkan 15 menit
- bagi adonan, masing2 50 gr, bulatkan. diamkan 20 menit hingga mengembang
- lubangi tengahnya menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan
angkat, tiriskan. taburi gula donat atau hias dengan coklat.

1 resep ini jadi 21 donat. aku gorengnya sebagian dulu, sisanya simpen di frezeer.

ini adonan yang baru aku keluarkan dari frezeer. kisut gak mulus.

setelah didiamkan beberapa saat adonan mulai mengembang dan permukaannya mulai halus.

segera bolongi tengahnya dan digoreng.

hasilnya tetep gendut dan tembem...... alhamdulillah ga gosong.....

setelah mateng olesi dengan mentega taburi/gulingkan meises atau keju.... gak punya gula donat.....
nyammm...nyammmm.... enaknya.... masih tetep empuuukkk....

2 comments:

Mimi Hitam said...

mbak.. beli pembolong donatnya dimana yah?

anti 'gemi miranti' said...

pembolongnya aku pake rolling buat roti dulu belinya di bu endang pas beli mixer bosch. pake botol aqua juga bisa mbak aku pernah nyoba...